Delegasi SEDIA Malaysia Kunjungi Kampung Nelayan Mansapa dan Pulau Sebatik

NUNUKAN – Setelah melakukan pertemuan dengan Hj. Asmin Laura Hafid di ruang rapat VIP lantai IV Kantor Bupati Nunukan. Ketua Delegasi Sabah Economy Development & Investment Authority (SEDIA) Iwan beserta rombongan melanjutkan kunjungan di kampung Nelayan, Kelurahan Mansapa untuk meninjau budidaya rumput laut serta ke Pulau , Rabu (31/01/2024)

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Nunukan Kaltara, rombongan SEDIA didampingi Kepala Badan pengelola perbatasan daerah (BPPD) Nunukan Ir. Dian Kusumanto, Kepala Bappeda Litbang Nunukan Iwan kurniawan, Kepala Dinas DPMPTSP Nunukan Juni Mardiansyah, Kepala Dinas Perikanan Nunukan Suhadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) (Kaltara).

Baca Juga  Bupati Laura Dorong Pelaksanaan UKW di Nunukan

Setelah meninjau Kampung Rumput Laut di di kampung nelayan, rombongan melanjutkan kunjungannya ke lokasi pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara, Mansapa. Selama perjalanan rombongan tampak begitu antusias dan membahas mengenai proses pembangunan pelabuhan perikanan tersebut serta potensi rumput laut yang ada di kampung nelayan Mansapa, Nunukan.

Rombongan juga melakukan kunjungan  ke pulau Sebatik di pelabuhan perikanan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sebatik. Setibanya di PLBN Tim SEDIA Sabah Malaysia langsung meninjau lokasi PLBN  Sei Nyamuk, Sebatik. Rombongan didampingi Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Sebatik, Hariman Latuconsina dan Kepala Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Sebatik Syaharuddin dan camat Sebatik Timur.

Baca Juga  Rekam Keinginan Publik, Litbang PWI Lakukan Survei Pra Pilkada

“Pembangunan PLBN sebatik sudah rampung seratus persen akan beroperasi tidak lama lagi  dan tinggal menunggu di resmikan  Presiden Joko widodo,” ucap Hariman.

Hariman menjelaskan dengan peresmian PLBN Sebatik nantinya, berharap mendapat persetujuan dari pihak Malaysia. Karena bagaimanapun fungsi PLBN Sebatik, tentu harus dua arah. Sehingga ketika satunya belum ada kesiapan, maka pihak lainnya belum bisa tidak bisa beroperasi.

Baca Juga  Hadapi Pemilu, Polres Nunukan Gelar Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara

Lebih lanjut ketua delegasi SEDIA Sabah Malaysia, Iwan merespon akan bersurat ke kerajaan Malaysia dan menyampaikan PLBN Sebatik sudah siap dioperasikan dan peresmiannya. (*)

 

Komentar