Perkuat Kerjasama di bidang Pengelolaan Zakat, Baznas Nunukan Kunjungi Lapas Nunukan

NUNUKAN – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Nunukan menggelar sosialisasi ‘Optimalisasi Pengumpulan Zakat' di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan, Rabu (31/01/3024).

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Aula Pengayoman mulai pukul 09.00 hingga selesai. Hadir dalam kegiatan, Wakil ketua I bidang pengumpulan, Wakil ketua II bidang Pendistribusian, H. Lalisa dan HM. Sulaiman beserta 2 orang Staff.

Baca Juga  Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Nunukan Gelar Gerakan Pangan Murah

Mengutip surah At Taubah ayat 103 ‘Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka'

Dan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat atas dasar hal tersebut BAZNAS hadir sebagai badan pemungut zakat sebagai kepanjangan tangan pemerintah.

Mengenai Zakat, Infaq, dan sedekah. Ada 5 hal mengenai Zakat yang perlu kita ketahui, Zakat penghasilan, Zakat perdagangan, Zakat emas dan perak, Zakat pertanian, dan Zakat Tabungan.

Baca Juga  Mantan Karyawan Bobol Toko Mantan Bosnya, Dipecat Karena Sering Ambil Uang

Sementara itu HM Sulaiman sebagai bidang Pendistribusian mengungkapkan bahwa telah melaksanakan beberapa program.

“Baznas Kabupaten Nunukan memiliki beberapa program diantaranya Nunukan Cerdas yakni membantu pembiayaan sekolah, Nunukan Sejahtera membantu program UMKM, Nunukan Taqwa bantuan peralatan ibadah, Nunukan Sehat berupa bantuan pengobatan, Nunukan Peduli berupa bantuan Dhuafa” ungkapnya.

Mewakili Lapas Nunukan, Kasubag TU bapak Edi Purwanto mengucapkan terimakasih atas kehadiran Baznas Nunukan dan atas kerjasama yang telah terjalin antara Baznas dan Lapas. “Tindak lanjut atas sosialisasi ini adalah akan dilaksanakan Perjanjian Kerjasama antar Lapas Nunukan dan Baznas Nunukan yang akan dijadwalkan kemudian hari,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Ciptakan Pemilu Damai, Polres Nunukan Coffee Morning bersama PWI

 

Komentar

News Feed